You are currently viewing Prakerja Gelombang 17 Sudah Dibuka, Simak Tips Berikut agar Lolos

Prakerja Gelombang 17 Sudah Dibuka, Simak Tips Berikut agar Lolos

Advertisements

Program Kartu Prakerja Gelombang 17 dibuka pada Sabtu (5/6/2021) pukul 12.00 WIB.

Informasi pembukaan gelombang 17 tersebut disampaikan langsung oleh Head of Communications Manajemen Kartu Prakerja Louisa Tuhatu. “Gelombang 17 dibuka hari ini jam 12.00 WIB,” kata Louisa seperti dalam rilis yang diterima Kompas.com, Sabtu (5/6/2021).

Louisa mengatakan, kuota penerima Kartu Prakerja untuk gelombang 17 adalah sekitar 44.000 orang. “Sekitar 44.000, karena hanya memulihkan kepesertaan yang dicabut dari gelombang 12-16,” kata Louisa. Sebelumnya diberitakan, syarat dan cara mendaftar Kartu Prakerja gelombang 17 masih sama seperti gelombang-gelombang sebelumnya.

1. Perhatikan persyaratan

Sebelum mendaftar, pastikan dahulu Anda memenuhi syarat untuk mendaftar mengikuti Program Prakerja.

Adapun syaratnya adalah sebagai berikut:

  • WNI
  • Berusia minimal 18 tahun
  • Tidak mengikuti pendidikan formal

Calon penerima Kartu Prakerja juga tidak boleh berstatus sebagai:

Advertisements
  • Pejabat Negara
  • Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat
  • Aparatur Sipil Negara
  • Prajurit Tentara Nasional Indonesia
  • Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia
  • Kepala Desa dan perangkat desa
  • Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah

Peminat Prakerja juga harus memastikan tidak sedang menerima bantuan lain dari pemerintah yakni bansos Kemensos (DTKS), penerima BSU atau BPUM atau penerima Kartu Prakerja 2020. Selain itu, untuk pemerataan penerima Kartu Prakerja, satu KK hanya ada dua orang yang bisa menjadi penerima.

2. Pastikan mengisi data dengan benar

Saat mengisi data diri untuk keperluan pendaftaran, pastikan ulang apakah data yang diisikan sudah benar. Cek kembali nomor HP dan email untuk memastikan tidak ada kesalahan. Pastikan nomor HP dan email dalam keadaan aktif.

Selain itu cek kembali apakah syarat file yang di-upload seperti foto KTP sudah sesuai persyaratan. Pastikan pula data NIK dan KK yang diisikan sudah sesuai. Apabila masyarakat mengalami ketikdasesuaian NIK dan KK, maka bisa melapor ke Call Center Dukcapil di 1500-538 atau datang ke kantor Dukcapil terdekat.

3. Kerjakan tes sebaik-baiknya

Sebelum mendaftar untuk mengikuti gelombang seleksi, peminat Kartu Prakerja akan diminta untuk mengerjakan tes Motivasi dan Kemampuan Dasar. Tes ini bertujuan untuk mengenali kompetensi dan potensi yang Anda miliki. Penggunaan alat bantu corat-coret seperti kertas, pensil/pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan soal.

6049ce2588011

Sumber : Kompas

Leave a Reply