You are currently viewing Calon Pelajar, Simak Jadwal Lengkap Pelaksanaan PPDB Kota Bogor 2021

Calon Pelajar, Simak Jadwal Lengkap Pelaksanaan PPDB Kota Bogor 2021

Advertisements

Dinas Pendidikan Kota Bogor membuka tahapan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) hari ini. PPDB Kota Bogor dibuka untuk tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga SMP secara daring.
 
Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Hanafi, menerangkan, untuk tingkat PAUD/TK pendaftaran dan verifikasi berkas dilaksanakan pada 7-9 Juni 2021. Lalu, pengumuman pada 11 Juni 2021, dan daftar ulang pada 14-15 Juni 2021.
 
PPDB untuk tingkat SD dibagi dua kelompok. Pertama, jalur afirmasi, anak berkebutuhan khusus, perpindahan tugas orang tua/wali, anak pendidik dan tenaga kependidikan, serta jalur istimewa tenaga medis dan paramedis covid-19. Pendaftarannya pada 7-8 Juni 2021. Verifikasi berkas pada 9-10 Juni, pengumuman penerimaan pada 11 Juni, serta daftar ulang pada 14-15 Juni.

Menurut Hanafi, dari jumlah kuota total PPDB tingkat SD, penerimaan untuk kelompok pertama peruntukannya dibagi lagi, yakni, jalur afirmasi dan anak berkebutuhan khusus kuotanya 15 persen, jalur perpindahan orang tua/wali, anak pendidik dan tenaga kependidikan kuotanya lima persen, serta jalur istimewa tenaga medis dan paramedis covid-19 kuotanya dua persen.
 
Kelompok kedua, jalur zonasi. Pendaftarannya dimulai pada 16-18 Juni, pengumuman pada 19 Juni, dan daftar ulang pada 21-22 Juni 2021. “Jalur zonasi ini kuotanya 78 persen,” kata Hanafi di Bogor, Senin, 7 Juni 2021.
 
PPDB untuk tingkat SMP di Bogor juga dibagi dalam dua kelompok. Pertama, jalur afirmasi, anak berkebutuhan khusus, perpindahan tugas orang tua/wali, anak pendidik dan tenaga kependidikan, serta jalur istimewa tenaga medis dan paramedis covid-19. 
 
Pendaftaran kelompok ini dibuka pada 23-26 Juni 2021. Verifikasi berkas pada 23-28 Juni, pengesahan dan pelaporan pada 29 Juni, pengumuman penerimaan pada 30 Juni, serta daftar ulang pada 1-2 Juli 2021.
 
Menurut Hanafi, PPDB kelompok pertama untuk SMP jalur afirmasi dan anak berkebutuhan khusus kuotanya 20 persen, jalur prestasi akademik dan prestasi non-akademik 23 persen, jalur perpindahan orang tua/wali, anak pendidik dan tenaga kependidikan kuotanya lima persen. Lalu, jalur istimewa tenaga medis dan paramedis covid-19 kuotanya dua persen.
 
Kelompok kedua, jalur zonasi, kuotanya 50 persen dari total penerimaan. Hanafi menjelaskan, pada PPDB tahun ini, baik SMP, SD, maupun PAUD/TK, berkas pendaftaran dimasukkan melalui laman www.kotabogor.siap-ppdb.com
 
“Ada dua jenis persyaratan, yakni persyaratan umum dan khusus,” ujarnya,
 
Untuk jalur istimewa tenaga medis dan para medis yang menangani pasien covid-19, kata dia, jika domisilinya di luar Kota Bogor tapi tugasnya di Kota Bogor, maka anaknya tetap bisa mendaftar di sekolah di Kota Bogor.
 
Menurut Hanafi, untuk memastikan PPDB online tahun 2021 dapat berjalan baik sesuai regulasi, Dinas Pendidikan Kota Bogor membentuk satuan tugas yang anggotanya dari semua unsur bidang pendidikan, untuk melakukan pengawasan proses penerimaan.

Advertisements

mdcm

Leave a Reply