You are currently viewing Mengerikan, Dokter Timnas Denmark Ceritakan Detik-detik Penyelamatan Nyawa Christian Eriksen di Euro 2020: Detak Jantung Sempat Berhenti

Mengerikan, Dokter Timnas Denmark Ceritakan Detik-detik Penyelamatan Nyawa Christian Eriksen di Euro 2020: Detak Jantung Sempat Berhenti

Advertisements

Dokter Timnas Denmark, Martin Boesen menceritakan detik-detik penyelamatan Christian Eriksen. Detak jantung gelandang berusia 29 tahun itu disebutkan sempat berhenti.

Christian Eriksen kolaps di akhir babak pertama ketika membela Timnas Denmark melawan Timnas Finlandia pada partai pertama Grup B Euro 2020 di Telia Parken, Kopenhagen, Sabtu (12/6/2021).

Akibat kejadian itu, Christian Eriksen tidak sadarkan diri. Tim medis Timnas Denmark sampai melakukan CPR atau resusitasi jantung paru-paru sebagai tindakan pertolongan pertama untuk orang yang henti jantung.

“Kami dipanggil ke lapangan ketika Christian Eriksen jatuh. Saya tidak melihat kejadian itu, tapi cukup jelas dia tidak sadarkan diri,” kata Martin Boesen dinukil dari Fox Sports.

“Ketika saya mendekatinya, dia bernafas dan saya bisa merasakan denyut nadinya. Namun, tiba-tiba kondisinya berubah. Dan seperti yang dilihat semua orang, kami mulai memberikan CPR,” jelasnya.

Advertisements

Christian Eriksen Akhirnya Sadar

1 29
Kapten Timnas Denmark, Simon Kjaer pun sempat menghampiri Eriksen saat dibawa keluar lapangan. Dan Eriksen pun terlihat sudah bisa merespon panggilan Simon Kjaer yang berada disampingnya. (Foto: AFP/Pool/Hannah McKay)

Berkat kesigapan tim medis, Christian Eriksen akhirnya sadar di atas lapangan. Gelandang Inter Milan itu langsung dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

“Bantuan datang sangat, sangat cepat dari tim medis dan staf lainnya. Dan berkat kerja sama dengan mereka, kami melakukan apa yang harus kami lakukan. Kami berhasil menyadarkan Christian Eriksen,” imbuh Martin Boesen.

Presiden Asosiasi Sepak Bola Denmark (Danish FA), Peter Moller memastikan bahwa kondisi Christian Eriksen telah stabil.

“Kami telah melakukan kontak dengannya. Dan para pemain juga telah berbicara dengan Christian Eriksen,” terang Peter Moller kepada Danmarks Radio.

Sumber: Fox Sports, Danmarks Radio

Leave a Reply