You are currently viewing Kisah di Balik Pembuatan Lagu Palestina yang Viral di Media Sosial

Kisah di Balik Pembuatan Lagu Palestina yang Viral di Media Sosial

Advertisements

Lagu Palestina ‘Story of Palestine’ yang viral di media sosial dibuat oleh Emon Askar, ibu dua anak berusia 32 tahun asal Mesir. Askar membuat video sederhana namun sangat bernilai itu sebagai respons atas kekerasan pasukan Israel terhadap warga Palestina di Yerusalem Timur serta Jalur Gaza.

Video 98 detik mengenai sejarah singkat Palestina itu sudah ditonton jutaan kali di TikTok dan Instagram.

Askar tak menyangka video yang diunggahnya pada Rabu lalu itu bisa menjadi viral di media sosial dan mendapat sambutan, bukan hanya di Mesir tapi juga seluruh dunia.

Semua bermula setelah dia menonton aksi kekerasan pasukan Israel di kompleks Masjid Al Aqsa pada malam Ramadan yang djuga dipicu rencana penggusuran warga Palestina dari lingkungan Sheikh Jarrah. 

“Itu sangat memengaruhi saya,” kata Askar, dikutip dari TRT World, Sabtu (22/5/2021).

Advertisements

Dia juga menonton bagaimana pasukan Israel mengebom Gaza pada Idul Fitri, Kamis pekan lalu. Menurut dia, umat Islam seharusnya berkumpul bersama keluarga dan jalan-jalan saat Lebaran.

“Ketika ada sesuatu yang salah di hati Anda, seperti merasakan sesuatu, saya tidak bisa bahagia, karena saya tahu apa yang terjadi di sana. Saya mengikutinya dan membuat saya sangat sedih,” tutur perempuan yang juga aktif di medsos itu.

Dia sedang berlibur Idul Fitri bersama keluarga dan saat kembali ke rumah terbesit keinginan untuk melakukan sesuatu. Dia lalu melihat-lihat barang-barang di rumah dan menemukan buku sketsa seni.

“Saat usia 7 atau 8 tahun di kelas 3, saya menemukan beberapa gambar yang bagus. Tapi kemudian saya berhenti pada sesuatu dan ingat betul saat saya menggambarnya saat pelajaran seni. Itu juga beberapa hari sebelum Idul Fitri, tapi 21 tahun lalu,” tuturnya.


Source

Leave a Reply