You are currently viewing Cuma dibanderol Rp 1 jutaan, ini kelebihan dan kekurangan Samsung A02s

Cuma dibanderol Rp 1 jutaan, ini kelebihan dan kekurangan Samsung A02s

Advertisements

Sudah bukan rahasia lagi jika setiap peluncuran smartphone baru selalu ditunggu para sobat gadget. Maklum, mereka selalu menanti peningkatan teknologi apa yang disematkan pada perangkat yang dirilis.

Terlebih jika perangkat tersebut mengusung brand ternama. Sudah pasti kehadirannya membuat penasaran. Begitu juga dengan Samsung. Setiap kali merilis produk baru, pasti selalu ramai pemberitaan. Tak terkecuali saat Samsung A02s dirilis pada Januari 2021 lalu. Apalagi perangkat yang menyasar kelas entry level ini dibanderol hanya Rp 1 jutaan saja.

Meski diluncurkan awal tahun ini, namun perangkat ini masih menjadi incaran para anak muda. Selain karena harganya yang terjangkau, beragam fitur yang dibenamkan juga disebut-sebut dapat mendukung aktivitas mereka. Yuk intip kelebihan dan kekurangan Samsung A02s ini.

Kelebihan Samsung A02s

1. Layarnya sudah bezel-less

1 15

Ini yang paling kentara saat kamu memegang smartphone ini. Tepian framenya sangat tipis. Dengan layar dari jenis PLS TFT LCD, berukuran 6,1 inci. Adapun desainnya mengadopsi model Infinity-V display dengan water drop notch. Walaupun bukan AMOLED, layarnya ini lumayan jernih, cukup tajam, dan detail juga.

Resolusi layarnya berkekuatan 720 x 1600 pixel, dengan rasio screen-to-body mencapai 81,8%, serta density 270 ppi. Yang gemar nonton video atau main game, smartphone ini pas banget untuk dimiliki. Dan malah, beberapa kalangan menyebut Samsung A02s sebagai smartphone entry level rasa premium.

2. Kapasitas baterai yang besar

2 17

Hari gini rasanya kurang afdol jika smartphone tak punya kapasitas baterai yang besar. Sekali pun merupakan smartphone entry level, Samsung A02s sangat paham dengan itu.

Perangkat ini dibekali kapasitas baterai yang besar jenis non-removable Lithium Polymer 5000 mAh. Jadi, selama seharian, penggunayang aktif terus menerus tak perlu risau dengan baterai. Smartphone ini bisa memfasilitasi berbagai aktivitas. Apalagi juga sudah support fast charging, pada daya 15W.

3. Desain yang keren

3 15

Beberapa kalangan menyebut Samsung yang satu ini desainnya naik kelas. Berbeda dari yang sebelumnya. Lebih solid dan nyaman di tangan. Lekukan di bagian belakangnya membuat ketebalan smartphone tidak terlalu terasa. Kamu yang mengincar smartphone ini bisa memilih warna hitam, putih, atau biru. Yang unik, slot sim card-nya mengikuti warna bodi smartphone-nya.

Desain bagian belakangnya juga lumayan cantik. Meski terbuat dari plastik, sentuhan estetik dan elegannya lebih dominan. Pahatan micro halus huruf X membuatnya menyerupai smartphone premium brand Samsung.

4. RAM dan memori penyimpanan besar

4 10

Samsung Galaxy A02s menyematkan Qualcomm Snapdragon 450 sebagai chipsetnya. Kombinasinya dengan GPU Adreno 506 membuatnya anti lemot. Kemudian Android 10 serta One UI Core-nya menjadikan perangkat yang satu ini terasa halus dalam menjalankan berbagai aktivitas.

Tak perlu risau juga, RAM 3GB atau 4GB dengan memori internalnya yang 64 GB akan memuaskanmu. Jika masih kurang bisa ditambah memori eksternal. Ekstra slot microSD sudah tersedia. Main game, belanja online, atau nonton video streaming dijamin jadi lancar jaya.

Advertisements

5. Kamera belakangnya keren

5 8

Yang selalu memilih smartphone karena kameranya, juga bisa mempertimbangkan Samsung A02s ini. Kamera belakangnya bisa menghasilkan gambar layaknya fotografer profesional. Sebab smartphone ini menggunakan 3 buah lensa di kamera belakang dan 1 buah lensa di kamera depan. Resolusi kamera utama 13MP, dan 2 lensa lain 2MP, yang berperan sebagai pengatur depth lens serta macro. Untuk ukuran entry level, kamera ini sudah termasuk unggul.

Kekurangan Samsung A02s

1. Resolusi kamera depan hanya 5 MP

6 8

Kekurangan Samsung A02s yang pertama adalah resolusi kamera depan yang hanya 5 MP. Untuk pecinta selfie, jelas ini mengecewakan. Kurang tajam dan shutter speed-nya kurang cepat. Jadi perlu keseimbangan lebih ketika memegang smartphone ini.

2. Belum menggunakan port USB Type-C

7

Untuk kamu yang mengikuti perkembangan smartphone pasti tahu. Semua smartphone anyar, entah itu entry level atau pun kelas menengah pasti sudah menggunakan port USB type-C. Karena berpengaruh besar terhadap transfer data dan kecepatan mengisi baterai. Nah Samsung A02s belum support ini. Banyak yang menyayangkan hal ini.

3. Tidak dilengkapi pelindung kaca

8 5

Zaman sekarang, kita bisa tenang dalam menggenggam smartphone, sebab kebanyakan, baik bodi atau pun layar kacanya sudah dilapisi pelindung anti gores, bahkan anti pecah.

Nah Samsung A02s ternyata belum dilapisi pelindung semacam ini. Jadi, jika kamu menggenggam smartphone ini kudu ekstra hati-hati. Sebab sekali tergelincir, layarnya mungkin bisa pecah. Cara antisipasinya mungkin bisa membeli sendiri pelindungnya. Tapi tentu, hal ini membuat kita mengeluarkan uang lagi.

4. Belum dilengkapi fingerprint sensor

9 4

Mungkin bagi beberapa kalangan mengunci smartphone dengan fingerprint itu ribet, jadinya saat beli smartphone tak banyak yang cari info detail tentang fingerprint sensor. Tapi untuk kalangan yang detail, hal ini sangat penting.

Nah Samsung A02s ternyata belum dilengkapi fingerprint sensor ini. Jadi, untuk mengunci smartphone, kamu hanya bisa menggunakan password, pattern, atau sejenisnya. Tak bisa dengan menggunakan fingerprint sensor.

Itu dia berbagai kelebihan dan kekurangan Samsung A02s. Meski ada beberapa kekurangan, kelebihannya ternyata lebih banyak. Yang pasti, harganya lumayan terjangkau, dari hasil penelusuran dari toko online terpantau Samsung A02s dibandrol dengan harga kisaran 1,5 juta hingga 1,8 juta.

brilio

Leave a Reply