parsley

Dikenal Sebagai Penyedap, Ini Beda Daun Basil, Oregano, Dan Parsley

Trending Kuliner
Advertisements

Menambahkan bumbu pada masakan bisa membuat rasa nikmat sebuah hidangan lebih terasa. Beragam bumbu masakan juga bisa membuat cita rasa makanan menjadi lebih beraroma. Selain bumbu rempah, ada pula beberapa daun yang punya aroma khas buat penyedap.

Daun-daunan aromatik tersebut seperti basil, oregano, dan parsley. Nggak hanya jadi andalan makanan Italia, tiga daun ini bisa dipakai juga buat menu makanan Indonesia lho. Misalnya buat tambahan sup dan juga topping tempe.

Namun demikian, baik basil, oregano, dan parsley memiliki cara penyajian dan teknik olah yang berbeda. Perbedaan itu tergantung dari jenis masakan yang dibuat.

Berikut perbedaan dari daun basil, oregano, dan parsley, dirangkum dari berbagai sumber pada Senin (7/6).

1. Basil.

parsley penyedap
foto: freepik.com

Basil adalah daun yang aroma dan bentuknya hampir sama dengan kemangi. Umumnya basil digunakan untuk membuat aroma pasta dan pizza semakin kuat.

Advertisements

2. Oregano.

oregano
foto: freepik.com

Oregano memiliki aroma yang hampir sama dengan basil, tapi lebih tajam. Oregano biasa dijadikan campuran saus, misalnya saus pada pizza.

3. Parsley.

parsley
foto: freepik.com

Parsley terbagi menjadi dua bentuk, yaitu rata dan bergelombang. Daun parsley rata memiliki aroma lebih kuat dibanding yang bergelombang. Biasanya daun parsley digunakan untuk dimasak bersama sup atau sebagai garnish.

Itulah perbedaan dari ketiga bahan, yaitu basil, oregano, dan parsley. Meskipun dalam hal mengolahnya berbeda, namun tiga daun ini sama-sama punya manfaat bagus untuk kesehatan. Contohnya daun parsley yang bermanfaat sebagai penyegar mulut alami.

brl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *