You are currently viewing Archer Resmi Luncurkan Taksi Terbang

Archer Resmi Luncurkan Taksi Terbang

  • Post category:Teknologi
  • Post comments:0 Comments
  • Reading time:1 mins read
Advertisements

Archer Aviation resmi meluncurkan taksi terbang listrik pertamanya yang dinamakan “Maker”. Bentuknya seperti helikopter dan diklaim tanpa emisi karena dioperasikan menggunakan baterai.

Dilansir Reuters, Minggu (13/6/2021), debut Archer dipentaskan di hanggar menggunakan teknologi XR untuk mensimulasikan perjalanan.

Taksi terbang buatan Archer Aviation memang belum bisa diterbangkan secara komersial. Namun, pertunjukan dan simulasinya membuka wawasan banyak orang mengenai masa depan.

1 30
Archer (REUTERS/Mike Blake)

Archer berharap taksi terbang Maker bisa diluncurkan secara komersial pada tahun 2024. Saat ini, mereka sedang mengurus proses sertifikasi pesawat empat penumpang.

“Tujuan kami yang sebenarnya adalah untuk membuat solusi transportasi pasar massal di dalam dan sekitar kota,” kata salah satu pendiri dan co-CEO Brett Adcock.

Advertisements

Taksi terbang ini bisa meluncur dengan kecepatan 150 mil per jam (240 km per jam) untuk jarak hingga 60 mil (100 km). Harganya adalah US$3-US$4 (Rp42 ribu-Rp56 ribu) per mil untuk satu penumpang.

Misalnya, perjalanan sejauh 17 mil akan menelan biaya US$50-US$70 (Rp711 ribu-Rp995 ribu) dengan waktu tempuh 7 menit. Ini jauh lebih cepat dibandingkan naik mobil yang memakan waktu 60-90 menit.

Namun, para ahli memperkirakan  pasar eVTOL yang bernilai miliaran ini tidak akan langsung menghasilkan uang dan waktu persetujuan belum pasti.

indzn

Leave a Reply