Featured 4

5 Tips Meningkatkan SEO Website Dengan RankMath

Teknologi Trending
Advertisements

Apa itu SEO Website?

Semakin berkembang jenis dan bertambahnya jumlah website, alur mudik informasi semakin luas, berkembang dan semakin cepat diperlukan. Ditambah lagi saat ini membuat website sudah semakin mudah. Untuk mendevelop website sederhana seperti blog, company profile atau toko online yang bahkan canggih saat ini nyaris tidak diperlukan kemampuan koding lagi (kecuali untuk beberapa segmen). Akibatnya website antah berantah bertebaran, baik yang domainnya gratis maupun berbayar.

Jika sudah begini maka pemilik website berlomba-lomba agar websitenya dikenal orang dan menjadi nomor satu. Alasannya cuman satu…..UUD (ujung-ujungnya duit) baik melalui iklan adsense atau iklan lepas langsung dari pengguna akhir, meskipun masih banyak juga yang mempertahankan idealismenya tetap memberikan informasi meskipun tidak dibayar /monetize. Maka sesuai kodratnya ini akan menjadi pasar tersendiri, peluang tersendiri, khususnya bagi mesin pencari seperti Yahoo! dan Google.

Oleh karena itu mau tidak mau kitapun akhirnya mengikuti alur teknis atau aturan dari mesin pencari agar website kita menjadi nomor satu dan terkenal yang sering disebut dengan SEO website. SEO sendiri artinya Search Engine Optimization, teknik optimasi yang diterapkan di website agar mudah di-crawl atau dikenali dan dicintai oleh mesin pencari, iya dicintai….kalo nggak dicintai gak bakalan tuh nengger di nomor satu.

Nah kali ini DokuSho.id akan membagikan beberapa tips sederhana bagaimana menerapkan SEO Website menggunakan plugin. Plugin sendiri adalah program terpisah dari inti program yang disematkan di website kita, analoginya, seperti kita mau menggunakan sepatu atau sendal dengan merek tertentu nah sepatu atau sendal itulah plugin, gak pake sepatu atau sendal ya gak papa, palingan item-item tuh sikil…..kebayang yaa.

Plugin sendiri biasanya digunakan oleh website dengan platform CMS tersendiri artinya website yang sudah jadi dan tinggal kita instal, seperti 3 yang terkenal yaitu WordPress, Drupal, dan Joomla. Berhubung dari ketiganya pengguna terbanyak adalah WordPress maka akan kita bahas menerapkan SEO Website dengan plugin untuk WordPress. Plugin SEO Website sendiri di WordPress bertebaran, mulai dari yang ecek-ecek dan memiliki rating rendah atau belum teruji maupun yang sudah teruji dan memiliki pengguna aktif yang banyak seperti All-in-one SEO, Yoast SEO dan RankMath. Pilihan saya jatuh kepada yang terakhir karena kompatibilitasnya dan kemudahan untuk di setup. Mari kita mulai….

Installasi

Asumsi saya, pengguna yang akan menggunakan RankMath SEO Website sudah memiliki website berbasis wordpress dan sudah siap untuk diinstal. Untuk installasi sendiri caranya cukup mudah

  1. Login ke dashboard WordPress anda
  2. Pilih menu Plugins
  3. Pilih menu Add New
  4. Ketikkan di kolom pencarian “RankMath”
  5. Klik Install, dan tunggu beberapa saat, jika berhasil…
  6. Klik Activate
  7. Selesai, dan tinggal kita atur
Halaman1

Setup

Jika sudah selesai dengan installasi dan aktivasi, maka seharusnya akan muncul menu Rank Math di dashboard Anda, seperti ini…

SEO Website

Di menu Rank Math kita bisa atur secara manual maupun secara wizard atau otomatis, yang umumnya digunakan bagi Anda yang tidak terlalu memahami parameter SEO Website.

Jika hendak menggunakan Wizard, Anda bisa memilih menu “Setup Wizard” di bagian atas dari menu Dashboard Rank Math dan pilihlah settingan dengan mode “Easy”. Mode ini memungkinkan Anda mengatur SEO Website Anda dengan mode basic dan membiarkan Rank Math secara otomatis mengatur parameter yang lain sesuai dengan apa yang diterapkan oleh mesin pencari. Caranya :

Advertisements
  1. Klik Tab Setup Wizard di bagian awal manu Rank Math
  2. Klik Easy
  3. Isi kolom yang diminta, seperti bergerak di bidang apa website Anda nantinya
  4. Klik Save and Continue
  5. Koneksikan Google Services Anda, jika belum ada buat Google Service yang diminta seperti Search Console, Analytics dan Adsense. Panduan untuk membuat ini dapat diikuti melalui link yang disediakan Rank Math
  6. Web Anda Sudah siap

Kelebihan dari pilihan ini adalah kita tidak perlu susah-susah mengatur parameternya, klik, isi pertanyaan yang ada dan biarkan rankmath bekerja, namun pilihan ini juga memiliki kekurangan, kita belum mengatur parameter lain yang diperlukan agar SEO Website kita lebih optimal

Jika Anda merasa kurang puas, maka pada poin nomor 2 dari pengaturan awal tadi,

  1. Klik Advanced.
  2. Aktifkan pilihan Sitemaps Web Anda
    1. Aktifkan Include Images
    2. Ceklist Post dan Page
    3. Ceklist Categories
  3. Klik Save and Continue
  4. Pada Halaman SEO Tweaks
    1. Ceklist Noindex Empty Category and Tag Archives
    2. Ceklist Open External Links in New Tab/Window
    3. Klik Save and Continue
  5. Website Anda sudah siap

Nah Anda bisa kembali ke menu awal, di bagian Dashboard Rank Math. Ada beberapa modules yang disediakan Rank Math untuk diaktifkan. Aktifkan yang diperlukan, saran saya aktifkan

  1. 404 Monitor
  2. AMP
  3. Analytics
  4. Image SEO
  5. Link Counter
  6. Local SEO & Knowledge Graph
  7. Redirections
  8. Schema (Structured Data)
  9. Sitemap

Khusus untuk AMP, Anda akan diminta untuk installasi terlebih dahulu plugin AMP sebelum mengaktifkan pilihan ini. AMP atau Accelerated Mobile Page ini adalah teknologi baru yang dikembangkan oleh mesin pencari. Mudahnya, AMP memungkinkan website Anda dicrawl oleh mesin pencari dengan tampilan dan teknologi yang berbeda dengan Website Anda versi desktop, sehingga memberikan pengalaman yang berbeda. Artinya AMP akan memungkinkan tampilan web Anda di versi mobile atau smartphone dan tablet berbeda dengan versi desktop sehingga akan tampil lebih cepat.

Webmaster Tools

Bagian terpenting lainnya bisa Anda temui di General Settings, dan pilihan Webmaster Tools. Pastikan Anda terkoneksi dengan beberapa mesin pencari di kolom ini. Instruksi bagaimana cara mengisi kolomnya dapat diikuti dengan link yang telah disediakan. Usahakan untuk mengisi atau terkoneksi dengan mesin-mesin tersebut agar SEO Website Anda semakin baik.

Optimasi Konten Website

Pengaturan di bagian sebelumnya bertujuan untuk menyiapkan Rank Math agar SEO Website kita bisa semakin optimal dari sisi module. Sekarang perlu juga disiapkan agar SEO Website kita juga makin ciamik dari sisi konten web. Bagian ini sebenarnya agak subyektif, karena ini bergantung juga kepada pemilik website, jika Anda rajin, akan banyak konten web yang diproduksi sehingga semakin baik web Anda, namun jika kurang rajin maka SEO Website Anda akan percuma, tidak terdongkrak, oleh karena itu rajin-rajinlah posting konten. Agar optimal kita perlu juga me-make up postingan kita, berikut ini tipsnya,

  1. Usahakan Anda menulis dengan minimal 600 kata dan usahakan unik, berbobot dan memiliki nilai informasi yang baik. Hindari Copy Paste. Jika sangat kesulitan membuat artikel dan jalan satu-satunya copy paste (udah mentok banget dah nih ceritanya…), pastikan anda membaca terlebih dahulu dan tulis ulang dengan gaya bahasa Anda.
  2. Gunakan Keyword yang mudah, persaingan rendah. Pastikan informasi yang terkandung di dalamnya berbobot. Google katanya menyukai artikel dengan tema “How to”, “Cara Membuat”, dan sejenisnya
  3. Masukkan Judul yang baik, provokatif untuk dibaca dan mengandung kata keywordnya.
  4. Lengkapi dengan gambar dan jangan lupa, isikan kolom Alt Text pada gambar dengan keyword konten Anda.
  5. Anda bisa menambahkan Table of Content di postingan Anda dengan cara install plugin untuk Tabel of Content, tersedia banyak di kolom Add New Plugin.
  6. Pastikan Score Rank Math Anda memiliki nilai diatas 81 atau berubah menjadi warna hijau
  7. Publish
Halaman3

Jika sudah selesai dengan tahap ini, sekarang Anda bisa masuk ke Google Search Console dan percepat indexing di Google dengan cara Request Google Indexing agar konten kita dapat cepat tampil di halaman pencarian. Setalah itu tunggulah, berdoa, sabar, dan kembali bikin postingan, karena tidak ada yang instan…..

Begitulah sobat DokuSho semua, semoga artikel sederhana ini dapat membantu sobat semua memiliki SEO website yang baik dan akhirnya terkenal, salam semangat….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *