hosting gratis

5 Hosting Gratis Terbaik Untuk Membangun Website

Teknologi
Advertisements

Bagi Anda yang ingin memulai menjadi blogger atau penulis online, selain menyiapkan nama domain, hal lain yang harus dipertimbangkan adalah hosting. Baik domain dan hosting keduanya tentu memerlukan biaya. Jika ingin mendapatkan keduanya gratis, beberapa penyedia jasa web dan hosting gratis seperti blogspot, wordpress, wix bisa menjadi pilihan Anda, selain mudah dan instan juga tidak memerlukan instalasi. Namun kekurangan menggunakan penyedia jasa web gratis ini, Anda tidak mendapatkan nama yang unik, umumnya akan ada embel-embel nama penyedia jasa di belakang nama domain Anda atau disebut subdomain, semisal dokushonews.blogspot.com.

Untuk menggunakan nama yang unik kita perlu membeli nama domain, ada yang sekalian dipaketkan dengan hosting, namun ada juga yang dijual terpisah, namun tetap saja memerlukan biaya. Nama domain sudah ada, hal berikutnya adalah hosting atau ruang penyimpanan file-file web kita agar dapat tampil di internet. Hosting ini harganya bervariasi, tergantung besar ruang penyimpanan, teknologi server dan lokasi. Semakin besar, canggih, dan cepat maka harganya semakin mahal.

Ada cara lain yang lebih murah, yakni seperti yang telah disebutkan Anda hanya perlu membeli domain dan menggunakan hosting gratis. Apalagi bagi Anda yang baru mulai terjun di dunia website, pilihan menggunakan hosting gratis dapat dipertimbangkan. Tapi Anda perlu mengingat sebuah pepatah, “Anda Mendapatkan Apa Yang Anda bayar”. Sesuatu yang gratis pastinya akan ada yang dikorbankan, dan Anda harus siap dengan pilihan ini. Jadikan hosting gratis ini sebagai sarana belajar dan memahami dunia internet. Ketika waktunya Anda berkembang saran kami gunakan hosting berbayar.

Sekian banyak hosting gratis yang bertebaran baik dalam negeri maupun luar, kita harus benar-benar mencari yang terbaik, kalau bisa yang mendekati apa yang diberikan oleh berbayar, meskipun kita harus sekali lagi paham bahwa ini tidak akan sama dengan hosting berbayar.  Dari hosting-hosting gratis tersebut, kami merekomendasikan beberapanya dan akan kami ulas untuk Anda.

Infinityfree

Hosting gratis

Spesifikasi

  • Disk Space : Unlimited
  • Domain Hosting : Unlimited
  • Trafik Bulanan : Unlimited Bandwidth
  • Subdomains : Unlimited
  • Email accounts : Tidak, Disediakan fasilitas CNAME, MX Record, SPF, dan DNS untuk menggunakan nama domain sebagai email dengan fasilitas penyedia layanan email pihak ketiga
  • FTP accounts: 1
  • MySQL databases: Unlimited
  • SSL : Disediakan, Let’s Encrypt

Mengklaim sebagai hosting gratis tercepat, Infinityfree menawarkan berbagai fasilitas kepada penggunanya yang umumnya tidak ditawarkan oleh penyedia hosting gratis lainnya. Sebut saja fasilitas SSL, Modifikasi CNAME dan SPF serta ruang penyimpanan unlimited. Dokusho sempat mencoba menggunakan layanan Infinityfree ini. Untuk penyimpanan memang betul unlimited namun inodesnya dibatasi hanya 30 ribu. Inodes bisa diartikan sebagai jumlah file yang ada di dalam website kita, baik itu gambar, file php, css dan lainnya. Oleh karena itu pembatasan inodes ini menjadikan ruang penyimpanan menjadi tidak unlimited lagi.

Klaim selanjutnya Infinityfree memperbolehkan add domain unlimited, namun kenyataannya hanya 3 yang diperbolehkan termasuk domain utama, meskipun kita bisa mengakali dengan membuat akun baru, namun untuk subdomain bisa ditambahkan tanpa batas. Beberapa sumber review lainnya menunjukkan bahwa Infinityfree memberikan layanan email sebanyak 10 akun email, namun kebijakan ini sudah dihilangkan sehingga kita harus membuat akun email sendiri menggunakan layanan pihak ketiga seperti Zoho dan Yandex. Untungnya Infinityfree masih memberikan keleluasaan dengan memodifikasi CNAME dan add SPF di CPANELnya, sehingga kita masih tetap dapat menggunakan nama domain kita sebagai nama email.

Meskipun diklaim sebagai hosting gratis yang tercepat namun jika target pengunjung web Anda dari Indonesia, load speed dari Infinityfree ini bisa dibilang lambat. Hasil score dari GTMetrix membutuhkan kurang lebih 7-8 detik untuk menampilkan halaman web, untuk tampil seluruhnya bisa sampai 15 detik, Blocking Timenya cukup tinggi.

Perlu sekali lagi kami ingatkan setiap yang gratis pasti ada yang dikorbankan. Infinityfree menerapkan statistik dan pembatasan yang ketat kepada pengguna gratisnya. Semisal Entry Process, CPU Load, dan Daily Hits. Jika anda telah melewati batas yang sudah ditentukan, maka siap-siap, website Anda akan di SUSPEND alias tidak bisa diakses selama 24 JAM!!! Jadi jika Anda developer web disarankan tidak menggunakan hosting gratis.

000webhost

Hosting gratis

Spesifikasi

  • Disk Space : 300 MB
  • Bandwidth : 3 GB
  • Domain Hosting : 1 domain
  • Database MySQL : 2 Database
  • FTP Account : 1
  • Hotlink Protection : Ya
  • Email : 5 akun
  • Inodes : 10 rb

Masih satu grup dengan Hostinger, 000webhost adalah salah satu penyedia hosting gratis yang sudah cukup terkenal di Indonesia. Ditujukan untuk pengguna website pemula, 000webshot hanya menyediakan ruang penyimpanan sebesar 300 MB, sangat kecil untuk ukuran web, namun jika Anda seorang bloger yang baru saja memulai profesinya, hosting gratis yang satu ini bisa dipertimbangkan, setidaknya untuk sementara.

Pengaturan untuk hosting disediakan secara sederhana tanpa perlu berinteraksi dengan CPanel seperti pada umumnya penyedia hosting, bagi Anda yang pemula, hal ini sangat cocok untuk Anda. Selain tampilan control panelnya yang sederhana, 000webhost juga menyediakan one click installer untuk wordpress. Jika Anda ingin menjadi blogger berbasis wordpress Anda tinggal membeli nama domain, arahkan nameservernya ke 000webhost dan aktifkan, maka Anda langsung memiliki website, sangat sederhana.

Perlu diingat bahwa 000webhost hanya menyediakan ruang penyimpanan yang relatif kecil dibandingkan dengan kompetitor lainnya yang umunya sudah 1 GB keatas. Namun jika Anda tidak puas dengan ruang penyimpanan sebesar itu, 000webhost menawarkan untuk upgrade ke hosting berbayar tanpa perlu migrasi file.

Servernya sendiri berada di luar negeri oleh karena itu hosting gratis ini cukup cepat jika diakses dari luar Indonesia, namun tidak jika pengguna internet yang Anda tuju berada di Indonesia. Namun kecepatan muatnya untuk ukuran gratis cukup untuk diacungi jempol.

Advertisements

AwardSpace

hosting gratis

Spesifikasi :

  • Disk Space : 1 GB
  • Bandwidth : 5 GB
  • Domain : 1
  • Subdomain : 3
  • Database MySQL : 1
  • Email : 1
  • Inodes : 25 ribu

Didirikan semenjak 2003, Awardspace menjadi penyedia layanan hosting yang terus berkembang dan dikenal dengan fasilitas layanannya yang melimpah dan mudah untuk digunakan.

Menyediakan ruang penyimpanan sebesar 1GB dan bandwidth bulanan mencapai 5 GB, hosting gratis dari Awardspace layak dipertimbangkan. Dokusho.id sempat mencoba daftar hosting gratis di Awardspace. Tampilan Control panelnya cukup mudah untuk diatur. Disediakan juga FTP accounts, melakukan transfer file bisa dilakukan menggunakan aplikasi FTP semacam Filezilla atau Core FTP. Untuk Instan Installer Awardspace menydiakan Zacky App Installer. Didalamnya sudah tersedia Platform website seperti WordPress, Joomla, Drupal, bahkan untuk toko online pun disediakan, cukup lengkap.

Fasilitas lainnya adalah, Anda akan mendapatkan 1 akun email dengan kemampuan kirim email 31 email per bulan atau 1 email per hari, namun diperbolehkan untuk menerima hingga 3000 email perbulan. Jika Anda ingin menggunakan hosting gratis ini dan ingin menggunakan emailnya saran kami gunakan fasilitas email forwarder karena Awardspace tidak menyediakan kemampuan untuk memodifikasi CNAME, MX Record dan Add SPF kecuali Anda berminat untuk upgrade kelas hosting menjadi berbayar.

Supportnya didukung dengan layanan ticketing, namun mulai dari jam 3 siang hingga 8 malam, layanan support dimatikan dan hanya aktif untuk layanan hosting berbayar. Dari hasil penelusuran, karena lokasi server hostingnya yang berada di Amerika, maka untuk wilayah tersebut kecepatan muatnya sangat mengesankan, namun jika Anda Web developer atau blogger dari Indonesia dan memiliki tujuan pengguna internet di Indonesia, kecepatan loadingnya cukup lambat. Untuk tujuan belajar, memahami dan sebagai permulaan, bolehlah Awardspace dipertimbangkan.

Freehosting.com

hosting gratis

Spesifikasi :

  • Disk Space : 10 GB
  • Bandwidth : Unlimited
  • Email : 2 akun
  • Database MySQL : 1
  • Inodes : 125 ribu
  • Domain : 1
  • Subdomain : 0
  • SSL : Tidak ada

Freehosting.com menawarkan ruang penyimpanan yang cukup lega yakni sebesar 10 GB. Meskipun tidak unlimited namun ruang penyimpanan sebesar itu sangat lebih dari cukup, apalagi jika hanya digunakan sebagai website pemula. Dengan inodes yang cukup banyak mencapai 125 ribu, ruang penyimpanan di Freehosting.com dapat digunakan secara maksimal.

Control panel yang digunakan cukup sederhana, hanya ditampilkan yang dapat kita atur saja, selain itu tidak ada pengaturan lain. Kita dapat mengatur email, setup domain, dan membuat database. Tersedia juga fitur Auto Installerdari Softaculous yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan Zacky App Installer. Pengujian waktu loading Freehosting sangat cepat bahkan jika posisi Anda berada di Indonesia, namun kami belum pernah mencoba dengan menggunakan layanan hostingnya.

Sayangnya kita tidak diijinkan untuk membuat subdomain disini. Domain yang dapat di Add di hosting gratis ini pun cuman diperbolehkan sebanyak 1 domain. Kekurangan lainnya tidak disediakan SSL, namun bisa didapatkan dengan cara upgrade layanan.

Nasihosting

hosting gratis

Spesifikasi :

  • Menggunakan Control Panel mandiri dari Nasihosting
  • Domain : Menggunakan subdomain NasiHosting.com namun dapat dimodifikasi menggunakan nama domain sendiri atas permintaan.
  • Email : Tidak ada, dapat menggunakan layanan email pihak ketiga seperti zoho
  • PHP : Versi 7.4 dan 8.0
  • Database MySQL : 1
  • SSL : Ya

Dibangun oleh Anak Bangsa, Nasihosting.com mengklaim menjadi pelopor penyedia layanan hosting gratis di Indonesia. Aplikasi layanannya berbasis opensource dan dapat didownload melalui Github. Nasihosting menawarkan 3 macam varian hosting, berbayar dan gratis. Dari ketiganya Nasihosting tidak menyediakan layanan email namun dapat dikoneksikan menggunakan layanan email pihak ketiga.

Dari hasil penelusuran review di website resminya, rata-rata mengaku puas dengan layanan hosting gratisnya. Loading yang cepat dan sudah dilengkapi dengan SSL menjadi nilai tambah dari hosting gratis ini. Sebagai karya Anak Bangsa rasanya bagi Anda yang ingin terjun di dunia website, layanan hosting gratis dari Nasihosting dapat dipertimbangkan.

Nah itu tadi ulasan hosting gratis yang dapat kami rangkum berdasarkan pengalaman DokuSho.id yang beberapanya pernah dicoba. Ada beberapa kesimpulan yang dapat diambil, rata-rata penyedia layanan hosting gratis akan memasang headline besar dengan kata “unlimited”, “5GB Disk Space”, “Unlimited Bandwidth” dan kalimat-kalimat lain yang menarik pengguna agar menggunakan layanannya. Tidak salah memang dalam dunia bisnis, namun kita perlu teliti bagaimana layanan tersebut apalagi dengan embel-embel gratis. Saran kami jika memang Anda ingin serius dan mengembangkan website Anda, gunakan fasilitas berbayar. Saat ini sudah banyak hosting yang menawarkan harga yang sangat murah untuk satu tahun, beberapa bahkan berada dibawah 100 ribu Rupiah. Kecuali jika Anda ingin memahami terlebih dahulu dunia website.

Demikian ulasan kami, semoga bermanfaat bagi Anda semua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *