featured 178

Beredar Video Jadul Charlie Chaplin ke Bali Tahun 1932, Aksinya Hibur Warga Jadi Sorotan

Sejarah
Advertisements

Sebuah video jaman dulu (jadul) yang memperlihatkan aksi Charlie Chaplin saat berkunjung ke Bali viral di media sosial. Dikatakan, video tersebut diabadikan sekitar tahun 1932.

Video yang diunggah ulang oleh akun Instagram @perfectlifeid itu viral dan menjadi perbincangan netizen. Banyak dari netizen yang ikut bernostalgia dan menyoroti aksi Charlie Chaplin saat menghibur warga di Bali.

Aktor film komedi lawas Charles Spencer Chaplin, atau yang lebih akrab dengan nama panggung Charlie Chaplin, pernah berkunjung ke Bali, tepatnya Singaraja, pada 4 April 1932.

Berdasarkan keterangan unggah tersebut, setelahh menyelesaikan tur Eropa untuk mempromosikan film City Lights (1931), Chaplin berkunjung ke beberapa tempat di Hindia Belanda salah satunya Bali.

Charlie Chaplin

Bukan hanya sekedar berlibur, Chaplin ternyata juga membuat film dokumenter tentang kunjungannya ke Bali.

Film yang berjudul Chaplin in Bali garapan Raphael Millet menampilkan interaksi Chaplin dengan warga Bali baik itu dalam kegiatan seni dan budaya.

Advertisements

Chaplin tidak sendirian ke Bali, karena ia ditemani oleh kakaknya Sydney dan para kru film. Chaplin juga turut mengajak seniman Jerman yang berjasa memodernisasi seni Jawa dan Bali, Walter Spies.

2 51

Video yang memperlihatkan aksi Charlie Chaplin menghibur warga di Bali itu pun viral dan mendapat beragam komentar dari netizen.

“Gerakannya khas Chaplin banget,” ujar salah satu netizen.

idzn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *