You are currently viewing Ternyata Ada Kesamaan Antara Venus dan Bumi

Ternyata Ada Kesamaan Antara Venus dan Bumi

  • Post category:Science
  • Post comments:0 Comments
  • Reading time:2 mins read
Advertisements

Venus mungkin planet neraka yang beracun, tetapi terdapat bukti baru yang menunjukkan bahwa banyak kesamaan yang dimiliki antara Venus dan Bumi. Para ilmuwan baru saja temukan bukti bahwa kerak Venus bisa memiliki balok tektonik yang bergesekan, tidak berbeda dengan balok es yang pecah.

Ini tidak sepenuhnya seperti lempeng tektonik Bumi, tapi penemuan itu menunjukkan bahwa kerak planet bukanlah satu litosfer yang terus menurus secara global, dan gerakan konvektif berputar di bawah. Ini tidak hanya memberikan wawasan tentang Venus, ini bisa membantu lebih memahami evolusi dan dinamika tektonik di Bumi dari awal. 

“Kami telah mengidentifikasi pola deformasi tektonik yang sebelumnya tidak dikenali di Venus, pola yang didorong oleh gerakan interior seperti di Bumi,” kata ilmuwan planet Paul Byrne dari North Carolina State University.

“Meskipun berbeda dari tektonik yang kita lihat saat ini di Bumi, itu masih merupakan bukti gerakan interior yang diekspresikan di permukaan planet.” lanjutnya. 

Bumi benar-benar aneh kecil yang unik di sistem Tata Surya, dalam banyak hal. Salah satunya adalah sistem lempeng tektoniknya, pergeseran skala kerak yang saling bergesekan dan tumpang tindih, bergerak di atas lapisan interior planet yang panas dan cair. 

Advertisements

Kedua planet mengambil jalur evolusi yang sangat berbeda, terlepas dari kesamaan mereka, dan alasan untuk itu tidak bisa dipahami dengan baik. 

Untuk mengetahui apa yang mereka lihat adalah apa yang mereka pikir mereka lihat, tim pun melakukan pemodelan. Mereka menemukan bahwa aliran konvektif di bawah kerak Venus dapat menghasilkan fitur yang diamati, jika kerak dipecah menjadi potongan besar.

“Lempeng tektonik di Bumi didorong oleh konveksi di dalam mantel. Mantel panas atau dingin di tempat yang berbeda, bergerak, dan sebagian dari gerakan itu berpindah ke permukaan Bumi dalam bentuk pergerakan lempeng,” jelas Byrne .

“Variasi pada tema itu tampaknya juga dimainkan di Venus. Ini bukan tektonik lempeng seperti di Bumi – tidak ada pegunungan besar yang dibuat di sini, atau sistem subduksi raksasa – tetapi ini adalah bukti deformasi karena mantel interior aliran, yang belum pernah ditunjukkan dalam skala global sebelumnya.” katanya.

idzn

Leave a Reply