Kebijakan Pemerintah

Ini Kebijakan Pemerintah Untuk Mengatasi Lonjakan Covid-19

Politik Kesehatan Nasional
Advertisements

Saat ini terjadi lonjakan kasus penularan Covid-19 yang ada di beberapa daerah. Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali menyampaikan perkembangan terkini terkait penanganan kasus Covid-19 di Indonesia.

Dilansir dari YouTube resmi Sekretariat Presiden pada Rabu (23/6), Jokowi menyampaikan kebijakan yang sudah diambil pemerintah. Keputusan ini diambil setelah pemerintah mempelajari opsi-opsi yang disesuaikan dengan kondisi sosial, pengalaman di luar negeri, hingga mempertimbangkan tiap masukan yang ada.

“Pemerintah telah menerima banyak masukan-masukan tentunya kami menyambut baik setiap masukan, termasuk usulan untuk memberlakukan kembali PSBB dan lockdown,” kata Jokowi.

Namun untuk saat ini, Jokowi mengatakan bahwa pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro di berbagai daerah masih menjadi kebijakan yang paling tepat menangani kasus Covid-19

“Saya sampaikan bahwa PPKM Mikro dan Lockdown masih memiliki esensi yang sama yaitu membatasi kegiatan masyarakat, untuk itu tidak perlu dipertentangkan,” tandasnya.

Jokowi juga menegaskan komitmen pelaksanaan PPKM Mikro serta peran rakyat Indonesia yang harus bekerja bersama lebih keras untuk mengendalikan pandemi.

Advertisements

“Saya minta pada gubernur, walikota, untuk mempertajam penerapan PPKM Mikro,” lanjut Jokowi.

Selain itu, Jokowi menyatakan bahwa pemerintah tengah menggenjot pelaksanaan vaksinasi massal untuk mengejar kekebalan komunal terhadap Covid-19. Ia meminta masyarakat untuk tidak perlu menolak jika sudah dapat kesempatan vaksin.

“Jika sudah ada kesempatan untuk mendapatkan vaksin, segera saja jangan ada yang menolak,” imbau Jokowi.

Ia juga tak lupa untuk meminta masyarakat tetap menaati protokol kesehatan serta mengurangi kegiatan di luar rumah.

“Vaksin adalah upaya terbaik yang tersedia saat ini, kita harus mencapai kekebalan komunal untuk mengatasi pandemi, maka sebelum itu tercapai kita harus menjaga diri dengan mengenakan masker dan tinggallah di rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak,” pungkasnya.

br

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *