You are currently viewing 10 Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut, Mengurangi Kerontokan

10 Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut, Mengurangi Kerontokan

  • Post category:Kesehatan
  • Post comments:0 Comments
  • Reading time:3 mins read
Advertisements

Manfaat Lidah buaya dapat membuat rambut terlihat lebih sehat, berkilau, dan lembut.

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang memiliki segudang manfaat untuk kecantikan. Jenis tanaman ini sudah dimanfaatkan sejak ribuan tahun lalu. Ada lebih dari 450 spesies lidah buaya. Lidah buaya merupakan tanaman sukulen yang tumbuh di iklim panas dan kering di seluruh dunia.

Lidah buaya biasanya dimanfaatkan untuk mengatasi beberapa masalah kulit seperti luka, jerawat, luka bakar, dan beberapa lainnya. Tidak hanya itu saja, dilansir dari webmd.com, lidah buaya juga dikonsumsi untuk mengobati penyakit seperti radang usus, diabetes, hepatitis dan banyak lagi lainnya.

Menurut informasi dari webmd.com, beberapa penelitian juga menemukan manfaat lidah buaya untuk rambut. Menggunakan lidah buaya adalah cara yang bagus untuk mendapatkan rambut terlihat lebih sehat, berkilau, dan lembut.

Berikut ini beberapa manfaat lidah buaya untuk rambut seperti dilansir dari berbagai sumber, Kamis (17/6).

1. Mengurangi rambut rontok.

1 49
foto: freepik.com

Lidah buaya memiliki banyak bahan aktif dan mineral yang dapat membantu memperkuat rambut. Lidah buaya mengandung asam lemak dan asam amino serta kaya akan vitamin A, B12, C, dan E, kandungan ini berperan dalam folikel rambut yang sehat.

2. Mengatasi rambut lepek.

2 49
foto: freepik.com

Lidah buaya memiliki enzim yang dapat menghilangkan minyak ekstra (sebum) pada rambut. Sehingga terlihat lebih indah serta tidak mudah lepek dan kusut.

3. Menghilangkan gatal di kulit kepala.

manfaat lidah buaya
foto: freepik.com

Dermatitis seboroik adalah kondisi kulit inflamasi umum yang memengaruhi kulit kepala. Kondisi ini menyebabkan ketombe, kulit merah, dan bersisik. Dilansir dari webmd.com, para peneliti telah menemukan bahwa lidah buaya dapat secara signifikan mengurangi rasa gatal di kulit kepala.

4. Perlindungan dari kerusakan UV.

4 21
foto: freepik.com

Sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak lidah buaya menawarkan perlindungan dari radiasi ultraviolet (UV) yang berasal dari matahari. Paparan sinar UV dapat menyebabkan rambut kehilangan kilau dan warnanya, serta membuatnya kasar dan kurang elastis hingga akhirnya menyebabkan kerusakan.

Advertisements

5. Meningkatkan pertumbuhan rambut.

5 18
foto: freepik.com

Para peneliti percaya bahwa aloenin, senyawa kimia pada lidah buaya adalah faktor utama dalam mendorong pertumbuhan rambut. Penelitian yang dilakukan pada orang yang mengalami masalah rambut rontok, ternyata mampu meningkatkan kesehatan rambut dan mengurangi kerusakan yang berkontribusi pada pertumbuhan rambut.

6. Memperkuat setiap helai rambut.

6 18
foto: freepik.com

Kandungan vitamin A, C, dan E dalam lidah buaya berperan dalam memperkuat sel-sel rambut. Selain menjadi lebih kuat, rambut juga tampak berkilau dan tidak mudah patah.

7. Rambut menjadi lebih sehat dan berkilau.

7 14
foto: freepik.com

Memiliki rambut sehat berkilau merupakan impian banyak orang. Kamu bisa mewujudkannya dengan lidah buaya. Di samping menutrisi rambut, lidah buaya juga mampu menjaga kesehatan rambut.

8. Mengatasi rambut kering.

8 13
foto: freepik.com

Lidah buaya menjadi pelembap alami untuk rambut, sehingga rambut menjadi tidak kering dan mudah diatur.

9. Memperbaiki rambut bercabang.

9 11
foto: freepik.com

Rambut bercabang memang sangat menyebalkan. Untuk itu kamu bisa menggunakan lidah buaya karena kandungan enzim proteolitik pada lidah buaya dapat mengangkat sel-sel mati di kulit kepala sehingga mendorong pertumbuhan rambut yang sehat.

10. Menutrisi rambut secara keseluruhan.

10 9

Lidah buaya dapat menutrisi rambut dengan meningkatkan sirkulasi darah serta oksigen dan nutrisi ke folikel rambut.

br

Leave a Reply