Jika China Mencaplok Taiwan

Mantan Kepala Keamanan AS: Jika China Mencaplok Taiwan, Maka Jepang Siap Pasang Badan

Internasional Politik Trending
Advertisements

Deputi Penasihat Keamanan Nasional AS era Pemerintahan Donald Trump, Matt Pottinger, mengatakan bahwa Jepang akan membela Taiwan jika China berusaha mencaplok negara itu.

Hal itu disampaikan Pottinger dalam diskusi panel dengan sesama alumni Pemerintahan Trump, termasuk mantan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dan mantan Penasihat Keamanan Nasional Robert O’Brien. “Ada pepatah di militer Jepang bahwa pertahanan Taiwan adalah pertahanan Jepang, dan saya pikir Jepang akan bertindak sesuai dengan itu,” katanya, seperti dikutip dari Taiwan News, Jumat (4/6).

Pottinger menambahkan bahwa ada pedoman yang dikeluarkan untuk perwira Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) yang menjelaskan mengapa Taiwan sangat penting sebagai target untuk dianeksasi, dan ini semua tentang Jepang.

“Pada dasarnya, dikatakan bahwa China akan mengambil Taiwan untuk membuat Jepang tidak dapat berperang, bahkan tidak dapat mempertahankan diri, bahkan tidak dapat memasok dirinya sendiri, pada dasarnya China akan dapat mendominasi kawasan dan membuat Jepang tidak relevan,” lanjutnya.

Advertisements

Mantan pejabat itu juga menolak pernyataan bahwa selama pemerintahan Trump, AS melihat posisi diplomatiknya di kawasan Indo-Pasifik melemah, dan menyebut klaim itu ‘omong kosong’.

Pottinger mengatakan hubungan AS dengan India, Vietnam, dan Taiwan justru berada pada titik tertinggi sepanjang masa sambil menambahkan bahwa ini terutama terjadi dengan Jepang. Namun, dia menghindari menyebutkan Korea Selatan, di mana Presiden Moon Jae-in secara luas dianggap telah membawa negaranya beberapa jarak lebih dekat ke China daripada sebelumnya.

“Di bawah pemerintahan Trump, beberapa pilar utama strategi kami di kawasan Indo-Pasifik adalah gagasan yang kami pinjam, adaptasi, bagikan, dan kolaborasikan dengan Jepang, yang menghubungkan gagasan dengan Dialog Keamanan Segiempat (QUAD) kepada mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe,” demikian Pottinger.

RMOL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *