You are currently viewing 5 Film Perang Yang Layak Ditonton di 2021

5 Film Perang Yang Layak Ditonton di 2021

  • Post category:Film
  • Post comments:0 Comments
  • Reading time:4 mins read
Advertisements

Di masa pandemi covid-19 seperti saat ini, menjalankan aktifitas akan terasa rumit dan terbatas. Sebagian dari kita kesehariannya akan lebih banyak diisi dengan waktu luang dan umumnya berada di rumah. Terus-terusan di rumah tentunya akan menimbulkan rasa bosan. Bagaimana kalau kita membahas perfilman? Nah kali ini DokuSho.id akan mengulas tentang film perang yang rasanya masih bagus dan layak tonton di tahun 2021 ini, simak tulisan berikut ya.

Greyhound

Greyhound
Greyhound, IMDB Rating : 7/10, Release : 10 Juli 2020

Dirilis pada Juli 2020, Greyhound bercerita tentang kisah perjalanan kapal perang Amerika dalam misinya mengawal kapal logistik untuk bahan bantuan bagi pasukan sekutu di Eropa. Alur cerita dari film perang yang satu ini sebenarnya bisa dibilang sederhana. Diperankan secara apik oleh Tom Hanks yang sudah beberapa kali muncul sebagai bintang utama di film bertema peperangan, kisah Greyhound mengambil plot beberapa bulan setelah Amerika ikut terlibat dalam perang dunia ke-2. Ditugaskan pada sebuah misi memimpin 3 kapal pengawal lainnya, Greyhound harus mengawal 37 konvoi kapal menuju Eropa yang dibayang-bayangi serangan kapal selam oleh pihak Jerman. Kisah menegangkan tanpa henti mengisi sebagian besar jalannya film.

Pearl Harbor

pearl harbor movie
Pearl Harbour, IMDB Rating : 6.2/10, Release : 25 Mei 2001

Film Pearl Harbour mengambil plot cerita berdasarkan suasana nyata penyerangan markas Angkatan Laut Amerika di Hawai oleh pihak Jepang pada tahun 1941 dan menjadi cikal bakal terlibatnya Amerika dalam Perang Dunia ke-2. Jika di Greyhound, pihak Amerika sudah terlibat perang dunia ke-2, nah kisah Pearl Harbor ini menjadi alasan dan salah satu asal muasal Amerika terlibat perang dunia. Pearl Harbor bercerita tentang romansa 2 orang pilot Angkatan Laut Amerika dengan seorang perawat menjelang penyerangan markas militer di Pearl Harbor Hawai. Ceritanya yang menegangkan, berlatar sejarah nyata dan dicampur dengan aksi romantis menjadikan film satu ini masih layak tonton di 2021.

Saving Private Ryan

Saving Private Ryan
Saving Private Ryan, IMDB Rating : 8.6/10, Release : 24 Juli 1998

Sebagian besar penonton yang sudah menyaksikan film perang Saving Private Ryan pasti sependapat bahwa film ini luar biasa. Memenangkan hingga 5 penghargaan Oscar untuk Sutradara terbaik, Sinematografi terbaik hingga Sound Effect terbaik Saving Private Ryan masih layak ditonton di 2021 ini meskipun flm perang yang satu ini telah lama dirilis yakni pada tahun 1998.

Diperankan oleh Tom Hanks, Saving Private Ryan bercerita tentang kisah penyelamatan sekelompok tim pasukan Ranger atau pasukan khusus untuk menyelamatkan seorang Private atau Prajurit Amerika yang bernama Ryan dalam perang Normandia. Kisah menegangkan, perjuangan perjalanan pencarian dan konflik internal mewarnai film perang ini. Jika Anda belum menontonnya atau ingin diulang lagi sambil nostalgia masa-masa dahulu, dipersilahkan, masih layak tonton film perang satu ini.

Advertisements

The Flowers of War

flowersofwar
The Flowers of War, IMDB Rating : 7.6/10, Release : 27 Juni 2012

Sedikit berbeda dengan beberapa film perang sebelumnya yang kami ulas, The Flowers of War adalah film perang dengan tema drama sejarah. Disebut drama sejarah, karena film ini berlatar belakang pada masa Pemerkosaan Nanking dan Perang Tiongkok-Jepang kedua pada tahun 1937. Kisah The Flowers of War diambil dari Novel karya Gellin Yang seorang penulis terkenal Tionghoa Amerika yang terinspirasi dari buku harian Minnie Vautrin seorang misionaris Amerika.

Diperankan oleh Christian Bale (Batman The Dark Knight Trilogy), The Flowers of War mengisahkan seorang perias dan pengubur mayat bernama John Miller berkebangsaan Amerika yang ditugaskan untuk mengubur mayat Kepala Pendeta di sebuah gereja di Cina. Di dalam gereja tersebut sebelumnya sudah ada para siswi remaja yang juga sedang bersembunyi dari tentara Jepang. Pada saat yang bersamaan dalam suasana perang yang mencekam datang sekelompok wanita Tunasusila yang juga mencari perlindungan dari sekapan tentara Jepang. Kisah menegangkan dan haru mewarnai jalannya film perang ini.

The Last Samurai

last samurai
The Last Samurai, IMDB Rating : 7.7/10, Release : 5 Desember 2003

Kalau nonton film perang yang satu ini, suka banget denger soundtracknya yang dibuat Hans Zimmer (komposer musik soundtrack The Lion King, The Thin Red Line), keren. The Last Samurai adalah film perang drama yang mengambil plot pada perang Jepang tahun 1870-an. Dibintangi oleh Tom Cruise (Mission Imposible) yang berperan sebagai seorang tentara berpangkat Kapten bernama Nathan Algren yang ditugaskan untuk melatih tentara Kaisar Jepang dengan seni perang modern untuk mulai menerapkan pengaruh Barat pada pemerintahannya dan menghilangkan pengaruh samurai kuno. Namun tanpa sadar, Kapten Algren mulai terpengaruh dengan prinsip kehidupan yang diterapkan oleh para Samurai, dan akhirnya malah berjuang bersama para Samurai untuk mempertahankan eksistensinya. Kisah peperangan epic, konflik, perjuangan untuk mempertahankan kehormatan mewarnai jalannya film ini. Film yang masih layak tonton di 2021 ini.

Itu dia 5 film perang yang masih layak tonton, meskipun sebagian besar sudah diproduksi lebih dari 20 tahun yang lalu. Mudah-mudahan dapat menghilangkan rasa bosan di rumah yaa…..

Leave a Reply